Pages

Kamis, 31 Maret 2011

Rayap Panama, Rayap Ganas di Dunia

Meski tubuhnya kecil, rayap Panama (Termes panamensis) berhasil mencetak rekor gigitan paling cepat di antara semua hewan yang ada di dunia. Rahangnya sanggup menggigit mangsa dengan kecepatan hingga 70 centimeter perdetik.



Bahkan, untuk merekam gerakan yang segitu cepat, para peneliti membutuhkan kamera dengan kemampuan merekam gambar 40.000 frame perdetik. Rayap Panama menggigit mangsa menggunakan sepasang capit di rahang yang secara ilmiah sering disebut mandible.


“Banyak serangga yang bergerak lebih cepat daripada kemampuan mata manusia untuk melihat, jadi kami tahu kalau butuh kamera kecepatan tinggi untuk merekam perilakunya,” ujar Marc Seid dari Institut Riset Tropis Smithsonian yang melaporkan hasil penelitiannya dalam jurnal Current Biology edisi 25 November. Meski demikian, ia mengaku tak menyangka secepat itu gigitan rayap Panama.


Dengan gigitan secepat itu, serangga tersebut mungkin dapat membinasakan mangsanya dalam sekali serang. Gigitan yang cepat juga menjadi alat pertahanan diri karena dengan ukuran tubuh yang kecil, rayap Panama harus mencari cara menghasilkan energi yang besar untuk melawan musuhnya.

Capit yang besar dan serangan yang cepat efektif untuk pertarungan jarak dekat. Hal tersebut sering dilakukannya dengan musuh-musuhnya karena rayap lebih banyak berkeliaran di gorong-gorong yang sempit dan tak cukup banyak ruang bergerak.

“Mereka sepertinya menyimpan energinya di mandible-nya namun kami masih belum tahu bagaimana mereka melakukannya. Itu menjadi pertanyaan berikutnya,” ujar peneliti lainnya Jeremy Niven.

Rabu, 23 Maret 2011

Meletakkan Design Pada T-Shirt







Bagi kamu yang suka mendesain gambar untuk tshirt, mempunyai usaha clothing sendiri, atau mungkin ada projek mendesain tshirt, terkadang kamu ingin mempresentasikan atau melakukan promosi sebelum tshirt itu selesai di produksi. Trik ini berguna untuk mensimulasikan dengan realistis bagaimana kira-kira hasil akhir produksi tshirt kamu.

Jika mungkin sebelum nya kamu hanya menaruh artwork kamu di atas template suatu tshirt kosong, maka sekarang ada cara lebih baik yang akan sangat membantu menambah nilai karya yang telah kamu hasilkan.

Pertama-tama kita mencari sumber tshirt kosong nya terlebih dahulu, kebetulan saya mencari nya melalui Flickr Group, Threadless blank tees, yang menyediakan foto-foto tshirt kosong yang kreatif, kamu tinggal memilih mana yang kamu suka. Untuk sekarang ini saya akan menggunakan foto ini sebagai template saya. Ok, jika semua sudah siap, buka Photoshop kamu dan kita mulai!

Langkah 1

Buka foto tshirt yang sudah kamu unduh tadi di Photoshop.


Langkah 2

Pilih Pen tool dan ubah setting nya menjadi “Paths”, karena kita akan men-Trace area tshirt yang ada di foto tersebut.


Langkah 3

Mulailah men-Trace area tshirt, sampai semua area terpilih



Langkah 4

Jika sudah semua area di Trace, maka selanjutnya adalah menseleksi area tersebut. Jangan lupa tekan “A” (Path Selection Tool) terlebih dulu, lalu klik kanan, akan muncul dialog box seperti di bawah ini. Pilih “Make Selection”, ubah Feather Radius ke “0″ dan tekan Ok.



Langkah 5
Setelah area tersebut terseleksi, kita akan merubah warna kuning tshirt tersebut menjadi putih (langsung lompat saja ke langkah 6 , kalau foto yang kamu pakai adalah foto tshirt berwarna putih). Ikuti cara berikut ini, Image > Adjustments > Hue/Saturation > Saturation -100 > Ok. Kamu akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini.


Langkah 6

Pada tahap ini, kita akan berusaha mengeluarkan bayangan yang ada di tshirt tersebut, supaya lipatan-lipatan tshirtnya lebih terlihat. Caranya adalah kita menaikan Contrast dan Levels foto tersebut. Untuk Contrast langkahnya adalah, Image > Adjustments > Brightness/Contrast > Contrast +100 > Ok

Dan untuk Levels, Image > Adjustments > Levels > Ok (ikuti setting Levels seperti gambar di bawah, atau sesuaikan dengan kebutuhan kamu)


Langkah 7

Setelah Levels sudah di setting jangan klik area lain, karena kita akan menduplikasi layer tshirt tersebut. Caranya mudah, selagi terseleksi tekan Ctrl + C , lalu Ctrl + V. Itu akan membuat layer baru (layer 1) di atas layer background lalu ubah nama “Layer 1″ menjadi “shadow atas”.



Langkah 8

Sekarang kita akan membuat warna tshirt nya, tetapi pada layer yang baru lagi, ini supaya kita bisa dengan mudah mengganti-ganti warna tshirt tanpa merubah elemen lain. Pilih lah tab Paths, lalu klik Path tshirt yang sudah kita buat sebelum nya (hasil trace). Setelah itu klik tabs Layers dan buat layer baru.



Langkah 9

Setelah itu, klik kanan pada Path yang sudah terseleksi, pilih “Fill Path” lalu tekan Ok. Ini akan menghasilkan warna merah berbentuk tshirt yang sudah kita trace sebelumnya pada layer baru. (untuk warna, tergantung palet Foreground kamu sedang berwarna apa, kamu bisa merubah warna nya terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini).



Langkah 10

Namakan Layer warna baju tersebut menjadi “warna baju” untuk memudah kan pemilihan layer di lain waktu. Dan ubah blending mode layer “shadow atas” menjadi Multiply. Ya, sampai disini kamu sudah selesai! tinggal memasukan artwork, di antara layer “shadow atas” dan “warna baju”.



Selanjutnya kamu tinggal bereksperimen, karena tiap artwork dan warna baju akan menghasilkan settingan layer yang berbeda. Seperti contoh di atas, layer “shadow atas” saya sampai 3 kali untuk menghasilkan efek yang saya mau dan juga karena warna baju yang saya gunakan hitam.

Hasil Akhir

Selasa, 08 Maret 2011

Jadi Desainer Grafis tidak Perlu Kreatif

Bagi para desainer grafis, kreativitas adalah hal yang keramat. Jadi desainer grafis harus kreatif, kalau tidak kreatif tentu tidak bisa menyandang profesi sebagai desainer grafis.

Hal itulah yang sekarang menjadi dogma dalam bidang desainer grafis. Menurut saya hal tersebut tidak terlalu benar. Jadi desainer grafis harus kreatif? Belum tentu! Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?

Sebetulnya apa sih yang dikerjakan oleh desainer grafis? Sampai saat ini, kebanyakan adalah alat-alat untuk periklanan, seperti brosur, poster, iklan di media cetak, dan yang paling prestisius adalah iklan di televisi. Harus kita akui, sebagian besar iklan-iklan tersebut memang menarik dan enak dilihat.

Ini tentu tidak lepas dari dogma yang ada di bidang periklanan dan desain grafis, membuat iklan yang berhasil harus kreatif dan menarik. Iklan yang berhasil adalah iklan yang banyak menyedot perhatian masyarakat.

Dogma tersebut memang benar, kecuali satu hal yang dilupakan : Iklan yang berhasil tidak sama dengan produk yang berhasil. Artinya, iklan yang bagus dan menarik perhatian masyarakat belum tentu mendongkrak penjualan produk yang diiklankan.

Masih ingat iklan rokok Mustang? Ya…. sangat betul. Semua orang pasti tahu iklan rokok Mustang, tapi tidak semua orang mau merokok Mustang. Anda juga pasti tahu gang Hijau yang mewakili Sampoerna Hijau kan? Tapi apakah Sampoerna Hijau mampu meruntuhkan dominasi Gudang Garam dalam penjualan rokok kretek? Tidak. Tapi yang jelas mereka membuat Gudang Garam tergopoh-gopoh hingga membuat iklan : Merah Euy!

Apakah seseorang merokok A-Mild karena suka dengan barisan iklan How Low can You Go, Bukan Basa-Basi, Go with The Real Low? Tidak. Seratus persen orang yang saya tanyai kenapa mereka merokok merek tersebut adalah karena rasanya. Mereka tidak peduli iklannya seperti apa. Apa yang mendorong mereka untuk ganti merk? Seratus persen dari mereka menjawab adalah rasanya. Jadi, mungkin jawaban dari pertanyaan kenapa perokok mild masih suka A-mild adalah karena A-mild masih yang paling enak dibanding merk lain. Lalu kenapa Star Mild repot-repot bikin iklan? Yang paling aneh adalah Inspiro, kenapa mereka bilang this is not mild kalau mereka sebetulnya rokok mild? Mungkin salah satu cara kreatif di periklanan adalah : buatlah masyarakat bingung.

Artikel ini saya tulis karena ada kenyataan yang sangat menggelitik, yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya. Bahkan beberapa iklan yang tergolong sangat bagus tapi tidak mampu mencegah produk yang dibawanya dari kehancuran. Anda bisa mencari sendiri, kira-kira produk apa yang dulu iklannya sangat bagus tapi saat ini sudah mati.

Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

Jika Anda hanya mempunyai palu, maka jawaban dari setiap masalah adalah memalunya. Jadi jika Anda bertanya kepada biro iklan apa yang harus Anda lakukan untuk menjual produk, jawabannya pasti : bikin iklan yang bagus dan intensif! Padahal Anda pasti sudah tahu seberapa efektifnya periklanan.

Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan. Tapi tunggu dulu, siapa yang memberi penghargaan terhadap iklan-iklan yang bagus tersebut? Wah, ternyata orang iklan sendiri.

Teori Membuat Zombie ala Ilmuwan



Seorang ilmuwan mengutarakan teori untuk menghasilkan zombie.

Zombie pada dasarnya adalah manusia tanpa jiwa. Menurut kepercayaan ilmu hitam Afrika Barat dan Haiti, tubuh zombie tak ubahnya boneka yang dikendalikan para penyihir. Sementara dalam film Night of The Living Dead (1968), zombie digambarkan sebagai mayat hidup pemakan bangkai manusia yang berjalan dengan terseok-seok, dan tampak dungu .

Steven C. Schlozman punya penjelasan ilmiah untuk membuat zombie. Asisten profesor psikiatri di Harvard University yang juga menulis buku Zombie Autopsies, sebuah seri fiksi tentang wabah zombie--masih dalam batas teori.

"Perlu suatu hal efektif yang membidik dan mematikan bagian tertentu dari otak," kata Schlozman ketika menjelaskan teorinya kepada PopSci. Setelah itu, manusia akan menjadi mayat hidup yang lobus frontalnya, bagian otak yang berfungsi menangani moralitas, perencanaan, menghambat tindakan impulsif, seperti tidak ada. Sedangkan otak kecil, bagian otak yang berfungsi mengontrol koordinasi, masih ada namun tidak sepenuhnya berfungsi.

Hal yang bisa merusak otak itu, menurut Schlozman, adalah prion, sebuah partikel protein yang bisa menularkan penyakit. Namun prion bukanlah virus, bahkan bukan makhluk hidup sehingga prion tidak mungkin dihancurkan dan tak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkannya.

Prion mulai dikenal luas pada tahun 1990-an sebagai agen yang menyebabkan penyakit sapi gila. Jika prion masuk ke dalam tubuh manusia, seperti halnya pada kasus sapi gila, otak kita akan berlubang seperti spons. Dan apabila otak yang terinfeksi prion itu dipindai maka akan tampak seperti otak yang ditembak dengan senapan berburu.

Untuk menciptakan zombie, cara yang mungkin dilakukan adalah dengan menyematkan prion pada virus agar dapat tersebar luas. Virus yang dibutuhkan adalah yang memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat di dalam tubuh manusia dan membawa prion ke lobus frontal dan otak kecil. Merancang serangan ke bagian tersebut memang sulit namun tetap penting untuk membuat mayat hidup seperti yang diinginkan.

Namun teori Schlozman itu itu diragukan Jay Fishman, direktur transplantasi penyakit menular di Massachusetts General Hospital, Boston. Menurutnya skenario penyematan prion pada virus itu sulit dilakukan serta memiliki kemungkinan yang kecil untuk berhasil. Karena setelah infeksi terjadi kita harus bisa menghentikan pengambilalihan kontrol otak oleh prion sebelum zombie berada dalam kondisi koma yang menjadikan otaknya sama sekali tidak berguna.

Minggu, 06 Maret 2011

Sepuluh Tips Aman Bermain Twitter

Jakarta, (tvOne)
Sebuah laporan ReadWriteWeb.com di awal tahun ini menunjukkan, bahwa Indonesia adalah negara pengguna Twitter nomor enam terbesar di dunia. Di sisi lain, pesatnya perkembangan Twitter di Tanah Air sendiri, memperlebar pintu ancaman bagi para hacker (peretas) atau kriminal dalam bentuk apapun di dunia maya.

Salah satu ancaman yang biasa datang dari Twitter adalah ancaman phising, yaitu upaya mengelabui pengguna untuk masuk ke dalam situs berbahaya. Situs phising bertujuan untuk memancing korban, agar memberikan data-data yang terdapat pada sebuah halaman Web, termasuk password dan alamat-alamat email dalam daftar kontak.

Selanjutnya, data-data itu disalahgunakan sebagai upaya mencari keuntungan para pelakunya (phisers). Carding (penyalahgunaan kartu kredit) dan spam, adalah beberapa contohnya. Modus operandinya, pihak-pihak tidak bertanggung jawab itu berpura-pura menjadi teman Anda. Setelah mendapatkan password dari akun Anda, ia mengirimkan pesan-pesan pribadi (Direct Message) kepada follower Anda tersebut.

Biasanya, pesan tersebut sudah berisi link, yang bila dibuka akan menggiring pengguna ke halaman Web situs phising. Hal ini sudah terjadi dengan skala yang cukup luas, di Twitter bulan lalu. "Hanya dalam waktu empat tahun, popularitas Twitter meningkat pesat di seluruh dunia. Peningkatan ini menjadikan Twitter sebagai sasaran empuk para penjahat dunia maya," kata Ema Linaker, AVG Global Head of Online Engagement, Selasa (23/3) seperti yang dilansir VIVanews.
"Sifat Twitter yang memang amat terbuka memudahkan para penjahat ini untuk mencari korban. Sudah saatnya para pengguna mengambil langkah-langkah pencegahan dan perlindungan dari ancaman ini," jelas Ema.
Ia pun kemudian memberikan sepuluh tips, penggunaan Twitter secara aman di blognya.

1. Batasi pembicaraan Anda

Penggunaan Twitter yang mudah seringkali membuat para pengguna dengan gampang mem-posting tweet tentang lokasi dan kegiatan mereka. Komentar-komentar ringan yang diberikan sebagai tanggapan dari tweet tersebut lama-kelamaan bisa digunakan untuk mengetahui jadwal kegiatan dan rencana harian pengguna itu. Para penjahat bisa memanfaatkan situasi ini untuk menjadikan pengguna tersebut korban berikutnya.

2. Berhati-hatilah membuka
link
Waspadailah tiap-tiap link yang Anda dapatkan. Umumnya, pelaku menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter (contohnya, bit.ly), sehingga sulit untuk mengetahui apakah situs itu dapat dipercaya atau tidak. Jika meragukan link tersebut, sebaiknya jangan dibuka.

3. Waspadailah timeline dan inbox Anda
Bila Anda mulai mendapatkan pesan-pesan yang mencurigakan atau teman-teman Anda mulai men-tweet atau mengirimkan pesan-pesan berbau spam, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah akun rekan Anda telah menjadi sasaran hacker.

4. Berpikirlah sebelum tweet
Tweet Anda dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan setelah dihapus pun tweet Anda masih tetap dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak Anda tulis, karena dampak tulisan Anda mungkin akan lebih jauh dari yang Anda perkirakan.

5. Jangan lekas percaya
Anda tidak selalu tahu siapa saja follower Anda di Twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang tidak terlalu Anda kenal. Anda tidak akan tahu jika ia mempunyai niat buruk.

6. Pastikan aplikasi pihak ketiga Anda aman
Ada ratusan aplikasi yang dapat Anda gunakan di Twitter. Sebelum Anda menggunakan aplikasi, pastikan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut aman. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat bahwa aplikasi-aplikasi ini sering membutuhkan password dan username Anda.

7. Gunakan password yang berbeda
Ada baiknya jika password yang Anda gunakan di tiap akun jejaring sosial berbeda. Misalnya, akun Facebook dan Twitter tidak memakai password yang sama. Bila Anda ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial Anda. Meskipun sulit, langkah ini cukup ampuh untuk membuat Anda aman di dunia maya.

8. Perhatikan pengaturan login
Periksalah pengaturan browser yang Anda gunakan. Pastikan bahwa informasi Anda, baik username atau password, tidak terekam jika Anda sedang menggunakan komputer bersama.

9. Waspadai serangan phising
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui Tweet ataupun Direct Message.

10. Biasakan untuk selalu logout
Latihlah diri Anda untuk membiasakan logout tiap kali ingin keluar dari Twitter. Terlebih lagi pada ponsel Anda. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah Anda menggunakannya.

Keyboard Pintar Smartfish Engage Siap Sesuaikan Bentuknya Dengan Posisi Jari Anda

Jari-jari Anda lelah karena terlalu banyak mengetik? Smartfish hadir mencoba menghibur Anda dengan keyboard Engage Compact model K2418B yang dibundel bersama teknologi ErgoMotion. Keyboard yang satu ini merupakan keyboard pintar yang pertama kalinya ada, yang mana keyboard ini mampu mencengah Anda cepat bosan ataupun lelah ketika mengetik.
Keyboard yang dikembangkan dengan teknologi Intelligent-motion tersebut dapat melacak aktivitas gerakan mengetik Anda dan secara periodik bisa mengubah bentuk dirinya sendiri sesuai dengan posisi mengetik yang nyaman untuk Anda, sehingga tangan Anda tidak dibatasi oleh bentuk keyboard flat yang biasa yang Anda miliki sebelumnya.
Keyboard ini juga memonitoring langsung frekuensi Anda mengetik dan mengecek kapan harus mengubah posisinya sendiri. Anda bayangkan kalau keyboard yang satu ini bisa dibilang cukup fleksibel dan lentur sesuai dengan kontur posisi tekanan Anda. Saat ini keyboard Smartfish Engage dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 7. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, keyboard ini dibandrol dengan kisaran harga 139 USD (1,39 juta rupiah) dan kini sudah tersedia di Amazon.

Rabu, 02 Maret 2011

Frame Foto Digital Dengan Teknologi Sensor Gerak Yang Hemat Energi

Mengabadikan kenangan indah dalam sebuah frame foto digital menggunakan teknologi canggih yang berdaya guna tinggi tentunya akan jauh lebih baik. Gagasan tentang frame foto digital yang otomatis akan mati ketika tidak ada satupun orang di sekitarnya yang melihatnya tampaknya cukup masuk akal. Beranjak dari hal itulah alasan mengapa produsen elektronik seperti NIX ini muncul dan telah menyemarakan produk jenis ini ke pasaran dengan tambahan model terbaru dalam jajaran armada produk foto digitalnya yang dikenal dengan “Hu-Motion”.
Seperti yang diketahui bersama, penerapan teknologi semacam ini memang bukan sesuatu hal yang baru dan luar biasa karena sejauh ini teknologi tersebut pernah diterapkan pada beberapa perangkat lainnya seperti ponsel, laptop, kamera, dan lain sebagainya. Namun yang cukup menarik dalam hal ini tidak lain adalah munculnya sebuah ide atau gagasan yang memungkinkan dapat menghemat penggunaan energi pada sebuah perangkat yang ada.
Frame foto digital Hu-Motion bekerja dengan cara yang cukup sederhana, karena bisa nyala (switch-on) untuk menampilkan foto/gambar saat ada seseorang yang memasuki ruangan dan sebaliknya kemudian secara otomatis berhenti menyala (switch-off) saat terdeteksi tidak ada seorangpun yang berada di sekitarnya. Penggunaannyapun terbilang juga cukup mudah karena dalam hal ini penggunanya dapat mengatur berapa waktu yang diperlukan antara saat ada gerakan sebelum frame foto digital berhenti menyala (switch-off). Adapun kisaran waktu yang ada adalah antara beberapa detik dan sampai dua puluh empat jam.
Selain mampu menampilkan foto JPEG pada layar LED beresolusi 800 x 600 piksel, frame foto digital ini juga dikemas dengan 2 speaker 2W yang didesain khusus untuk audio playback terutama karena telah mendukung file audio dalam format MP3 dan file video dalam format MP4. Hu-Motion ini telah dilengkapi dengan kontrol sentuhan yang berada pada permukaan frame hitam mengkilapnya dan juga keberadaan memory card reader yang menyediakan tingkat kompatibilitas mengesankan dengan beberapa jenis kartu memori yang ada, seperti SDHC, SD, xD, Sony MS. Ditambah lagi dengan built-in memori berkapasitas 2GB serta sensor auto rotate yang bisa secara otomatis menyesuaikan oriantasi gambar tergantung pada posisi frame itu sendiri.
Untuk saat ini, produk Hu-Motion tersebut dilengkapi kamera sensor gerakan buatan NIX dan tersedia dalam versi layar berukuran 8 dan 12 inci. Dan bagi yang berminat, Anda cukup membayar per unitnya sebesar 99 dan 139 USD atau sekitar 1 juta dan 1,4 juta rupiah masing-masing.